Minuman panas jelas merupakan hal utama yang harus dicari ketika Anda merasakan sakit tenggorokan. Ya, sensasi panas sudah cukup untuk membantu meringankan efek rasa sakit saat menelan dan rasa sakit di tenggorokan. Dalam hal ini, Anda dapat memilih untuk minum teh panas segera. Dari sekian banyak jenis teh yang tersedia, ternyata ada berbagai jenis teh yang dianggap cukup efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Apa itu?

Manfaat minum teh untuk mengobati sakit tenggorokan
Seorang ahli penyakit menular dan pemimpin dokter nasional di Kaiser Permanente, Dr. Stephen Parodi, mengatakan kepada Prevention bahwa minum teh panas dapat membantu meringankan tenggorokan dengan mengurangi peradangan.

Alasannya, teh mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh, seperti virus flu dan flu. Tubuh membutuhkan antioksidan ini untuk membangun sistem kekebalan yang lebih kuat dan memperbaiki jaringan yang sudah rusak oleh infeksi.

Tidak hanya itu, teh panas yang diminum secara teratur juga dapat membantu mengencerkan lendir yang mengumpul di tenggorokan. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan risiko iritasi pada tenggorokan yang semakin memburuk.

Manfaat Teh Untuk Mengobati Sakit Tenggorokan

Berikut adalah pilihan teh terbaik untuk membantu mengobati sakit tenggorokan, yaitu:

  1. Teh jahe

Teh jahe sering digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Tidak hanya menghangatkan tubuh, rasa manis pedas juga dapat meredakan sakit tenggorokan saat peradangan.

Gingerol dan fenol, dua senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, adalah obat penghilang rasa sakit yang dapat menghilangkan rasa sakit. Karena alasan ini, manfaat teh jahe untuk pengobatan sakit tenggorokan tidak perlu dipertanyakan.

Jika Anda tidak tahan dengan sensasi pedas, Anda bisa menambahkan satu sendok madu. Bahkan, sifat antibakteri dalam madu dapat memberikan perlindungan ganda pada tenggorokan yang meradang.

  1. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya digunakan dengan minum, para ahli mengungkapkan bahwa berkumur dengan teh hijau 2 hingga 3 kali sehari dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan, terutama pada pasien yang pulih setelah operasi.

Ini karena teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Jika Anda sering kesulitan tidur ketika sakit tenggorokan, minum teh hijau bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

  1. Teh kunyit

Tidak jauh berbeda dengan teh jahe, kunyit juga bisa dijadikan teh, lho. Anda tidak perlu khawatir tentang menggiling atau merebus kunyit karena sekarang ada banyak teh kunyit yang tersedia untuk persiapan.

Kunyit mengandung antioksidan, anti radang dan antiseptik yang dapat meredakan gejala peradangan dan iritasi pada tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat ini, siapkan secangkir teh kunyit dan tambahkan satu sendok makan madu untuk menambah rasa manis.

  1. Teh dengan akar licorice

Akar licorice adalah tanaman herba yang biasanya digunakan sebagai pemanis untuk permen dan minuman. Nah, ramuan alami ini juga dipercaya bisa membantu mengobati sakit tenggorokan.

Menurut sebuah studi pada tahun 2015 oleh Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok, akar licorice mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan. Selain minum langsung, Anda juga bisa berkumur dengan teh akar licorice untuk merasakan manfaatnya.

Karena ini termasuk minuman herbal, perhatikan aturan konsumsi yang tercantum pada paket. Alasannya adalah bahwa bahan alami ini juga dapat melepaskan zat beracun jika dikonsumsi berlebihan, terutama jika Anda memiliki riwayat beberapa penyakit. Karena itu, perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum teh jenis ini.

Baca Juga :