Asupan nutrisi dan vitamin dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting. Di antara banyak kebutuhan vitamin, satu jenis vitamin yang dibutuhkan anak-anak adalah vitamin K. Apa manfaat vitamin K untuk pertumbuhan dan perkembangan anak?
Pentingnya vitamin K untuk anak-anak

multivitamin untuk si kecil

Vitamin K adalah jenis vitamin yang dapat larut dalam lemak dan dibagi menjadi dua jenis, yaitu Vitamin K1 dan K2.

Vitamin K1 atau yang biasa disebut phylloquinone ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan brokoli. Sementara vitamin K2 atau menaquinone dapat diperoleh dari daging hewan.

Dari bayi hingga orang dewasa, mereka membutuhkan vitamin K untuk mendukung pembekuan darah. Jika seseorang kekurangan vitamin K, tubuh mungkin lebih rentan memar atau berdarah karena darah tidak sepenuhnya membeku.

Namun, bagaimana dengan anak-anak? Berikut ini beberapa manfaat vitamin K untuk anak-anak:

  1. Vitamin K untuk kesehatan tulang anak-anak

mencegah keropos tulang

Selain kalsium, vitamin K juga berfungsi menjaga kesehatan tulang, terutama pada anak-anak.

Tulang adalah jaringan hidup yang akan mengalami perkembangan teratur. Lonjakan pertumbuhan tulang terjadi pada masa kanak-kanak dan remaja, yang bisa bertahan seumur hidup.

Ini karena Vitamin K menghasilkan protein untuk kesehatan tulang, termasuk osteocalcin. Padahal, menurut Akademi Nutrisi dan Dietetik, vitamin K adalah jenis vitamin yang bisa menghaluskan pertumbuhan tulang.

Manfaat Vitamin K

Karena itu, sangat disarankan untuk makan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kol untuk mendukung pertumbuhan ini.

  1. Gumpalan darah

Kesehatan pencernaan anak

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, fungsi utama vitamin K adalah untuk mendukung proses pembekuan darah, bahkan untuk anak-anak.

Empat dari 13 protein penting diproduksi oleh tubuh sehingga darah tidak keluar terlalu banyak ketika terjadi perdarahan hebat berasal dari vitamin K.

Bagi orang yang secara teratur mengonsumsi antikoagulan untuk tujuan menghentikan pembekuan darah di jantung atau paru-paru, disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin K.

Selain itu, vitamin K juga dapat berperan dalam menetralkan efek obat pengencer darah karena sifat pembekuan darahnya. Karena itu, vitamin K cukup penting untuk mengurangi risiko perdarahan serius ketika anak terluka dan berdarah.

  1. Membantu meningkatkan fungsi otak

pilih sekolah untuk anak-anak

Menurut sebuah penelitian dari University of North Carolina, pasien dengan kadar vitamin K rendah cenderung mengalami disregulasi kalsium di otak.

Artinya, ada gangguan dengan proses metabolisme kalsium di otak pasien. Akibatnya, otak mereka mengalami kerusakan yang mengakibatkan Alzheimer.

Karena itu, asupan vitamin K yang cukup sangat diperlukan pada anak-anak agar kesehatan fungsi otak mereka terjaga hingga dewasa.
Dosis vitamin K yang aman untuk anak-anak

merangsang perkembangan otak anak-anak

Setelah mengetahui mengapa vitamin K penting bagi anak-anak, saatnya mengenali berapa banyak dosis vitamin K yang aman untuk bayi Anda.

Di sinilah dosis vitamin K yang dibutuhkan anak Anda berdasarkan tunjangan makanan yang direkomendasikan.

Anak-anak dari 1 hingga 3 tahun: 30 mcg / hari
Anak-anak dari 4 hingga 8 tahun: 55 mcg / hari
Anak-anak dari 9 hingga 13 tahun: 60 mcg / hari

Secara umum, anak-anak tidak memerlukan suplemen vitamin K yang dapat melebihi batas dosis yang disarankan selama asupan makanan mencukupi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelebihan vitamin K yang dapat menyebabkan berbagai efek samping, seperti mudah berkeringat dan pusing.

Jika Anda merasa anak Anda kehilangan asupan vitamin K, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui asupan vitamin apa yang dibutuhkan bayi Anda.

Baca Juga :