Teks prosedur: untuk membuat atau menjalankan aktivitas sistematis, diperlukan teks yang berisi penjelasan tentang urutan yang akan dieksekusi, yang disebut Teks prosedur. Sumber : rumusbilangan.com

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami akan bersama-sama mendiskusikan teks prosedur bersama dengan struktur terkait dalam implementasinya.

Pengertian Teks prosedur

Teks prosedur adalah paragraf yang berisi urutan atau langkah untuk membuat sesuatu atau melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan utama.

Dengan langkah atau urutan, Anda dapat membuatnya lebih mudah bagi seseorang untuk membuat atau menjalankan sesuatu yang baik.

Jadi dalam melakukan langkah-langkah atau urutan harus dilakukan secara detail, dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh seseorang.

Bahkan dalam teks prosedur, langkah-langkah yang harus dilakukan mungkin tidak dilakukan secara acak, tetapi harus sesuai dengan urutan yang ada.

Struktur teks

Dalam membuat prosedur teks perlu untuk menggunakan struktur teks yang kompleks, terdiri dari 3 bagian, yaitu sebagai berikut:

Bagian Tujuan
Bagian Tujuan ini berisi artikel tentang tujuan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu atau melakukan kegiatan tertentu, yang terkandung dalam teks prosedur.

Bagian material
Bagian kedua ini berisi alat dan bahan yang akan digunakan, dalam proses menciptakan sesuatu atau dalam melakukan kegiatan tertentu yang diinginkan, atau beberapa bahan yang akan dibutuhkan sebelum memulai langkah-langkah yang telah dibuat.

Bagian ayat
Bagian terakhir ini berisi langkah-langkah atau langkah-langkah yang harus dilakukan, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil yang baik. Langkah-langkah ini juga dapat diartikan sebagai teks utama dalam teks prosedur. Langkah-langkah ini harus berdasarkan fakta dan tidak boleh dilakukan dengan ide Anda sendiri.

Penyusunan teks prosedur ini dapat berbentuk bahasa Inggris, Indonesia atau bahasa asing lainnya, tetapi harus memiliki karakteristik struktural yang sama.

fitur

Prosedur Teks memiliki fitur khusus, jadi teks ini berbeda dari jenis teks lainnya, yaitu:

A. Penggunaan frasa perintah (imperatif)
Dalam teks prosedur terdapat kalimat perintah, yaitu kalimat yang mengandung makna perintah yang harus dilakukan oleh seseorang dalam melakukan sesuatu atau melakukan kegiatan tertentu.

contoh:

Matikan lampu!
Jangan membuat cerita untuk anak-anak!
Saya meminta Anda untuk melakukan pekerjaan Anda dengan baik!
B. Penggunaan kata kerja aktif
Dalam teks prosedur ada kata kerja aktif, yang menyediakan aksi ke suatu objek.

contoh:

kemerahan
Membungkus
melemparkan
pukulan
Untuk memotong

C. Penggunaan konektor (konjungsi)
Dalam teks prosedur ada Word of connection yang berfungsi untuk menyatakan waktu aktivitas kronologis.

contoh:

lebih lanjut
selanjutnya
kemudian
kemudian
Setelah itu

D. Penggunaan kata keterangan
Teks prosedur memiliki bentuk kata keterangan, yang berfungsi untuk menjelaskan detail waktu, tempat, dan aktivitas.

contoh:

Sang ibu mengiris tomat menggunakan pisau tajam.
Maya menyirami bunga menggunakan semprotan air.
Sekarang saya harus pergi ke rumah nenek.

Aturan linguistik

Dalam menulis teks prosedur, ada aturan linguistik yang terkandung di dalamnya, yang meliputi:

Kalimat imperatif
Ungkapan imperatif adalah kalimat yang berisi perintah dan digunakan untuk meminta atau melarang seseorang melakukan sesuatu.

Kalimat deklaratif
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tertentu.

Kalimat interogatif
Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk menemukan informasi tertentu.

Persimpangan waktu
Konjungsi temporal adalah kata terhubung yang berfungsi untuk menghubungkan secara kronologis, dengan waktu, tempat, dan peristiwa yang memiliki hubungan. Contoh: setelah ini, lalu, selanjutnya, berikutnya, sebelum itu, dll.

Kata kerja material
Bahan kata kerja adalah tindakan yang mengarah pada tindakan, seperti: memotong singkong menjadi potongan-potongan kecil, memasukkan air ke dalam wadah.

Kata kerja perilaku
Kata kerja behavioral adalah tindakan yang mengarah pada tindakan, yang didasarkan pada ekspresi, misalnya: tunggu sekitar 5 menit, tunggu sampai singkong matang, terus bela dia dan orang lain.

Peserta manusia
Peserta Manusia melibatkan seseorang dalam sebuah artikel, yang berfungsi dengan membantu langkah-langkahnya.